My Moto

"Harmony happens when mind and heart come in one inner peace" - Muhamad Aldy B.

Find in this blog

Cari aksesoris murah untuk wanita? Cari makanan ringan? Atau tas wanita? Bagaimana dengan lainnya? Penasaran? Klik di sini.

Kamis, 02 Mei 2013

Urutan Kualitas Film

Assalamualaikum, wahai saudara dan kawanku semua. Kalau biasanya kita mau download film di berbagai situs yang menyediakan link download, itu kan ada kualitas filmnya. Btw, pada tau gak apa aja kualitas2 film tersebut. Berikut urutan dari yang terbaik sampai yang terburuk (gak buruk2 amet sih, tapi biasanya yg paling buruk tuh film2 baru yg cuma nongolnya di bioskop aja).

1. Blu-Ray / BRRip (Blu-Ray Ripping)

Blu-Ray adalah kualitas film dengan teknologi kaset disk terbaru dan tercanggih saat kini. Dengan sinar birunya yang kayak film Transformer, dapat membuat para penonton terpaku dan kepo akan film dan kualitasnya. Kualitas film Blu-Ray bisa dibilang sama dengan kualitas film di bioskop, jaminan pasti jelas. Blu-Ray biasa disebut sebagai BRRip atau BDRip, yaitu film yang di rip dari kaset disk Blu-Ray sendiri. Film Blu-Ray berukuran sebesar 500MB (untuk berformat .mkv) sampai lebih besar dari 4GB. Format film Blu-Ray juga dilengkapi dengan embel-embel 720p dan 1080p.

2. WEB-DL (Website Download)

Web-DL adalah kualitas film yang diunduh sendiri pada situs yang menyediakan film tersebut. Kualitas film Web-DL hampir sebaik kualitas film Blu-Ray. Web-DL juga mempunyai ukuran hampir sama dengan Blu-Ray, tetapi biasanya lebih kecil. Para film berkualitas Web-DL biasa diunduh di iTunes Store atau situs lainnya yang menyediakan siaran TV melalui jaringan internet.

3. HDTV (High Defenition Television)

HDTV adalah kualitas film yang hampir menyerupai Web-DL (dari tadi hampir mulu, emang iya sih). Meski menyerupai, kualitas HDTV masih di bawah Web-DL. Kualitas gambar dan suaranya pun cukup jelas dan ukurannya tidak terlalu besar. HDTV juga seperti Web-DL, biasa diunduh di situs yang menyediakan layanan televisi dalam internet. Jarang ada film dengan durasi lebih dari 1-2 jam yang menggunakan HDTV, biasanya HDTV digunakan dalam film-film seri.

4. DVDRip (Digital Versatile Disc Ripping)

DvdRip adalah kualitas film yang diambil langsung dari kaset DVD. Dengan segala kemampuan dan kecerdasaan sang peng-rip, ia bisa membuat film langsung dari kaset DVD. Kualitas film DVDRip biasanya kira-kira 1/4 dari kualitas film BRRip. Format film DVDRip biasanya berbasis .mkv dan .avi. Tapi ada juga yang berbasis .mp4. Ukurannya pun jauh lebih kecil dari BRRip, biasanya sekitar 400MB sampai 1 GB.

5. WEBRip (Website Ripping)

WEBRip adalah kualitas film yang sama seperti DVDRip, hanya saja ia memiliki kualitas yang kurang bagus dari DVDRip. Sama halnya dengan ripping, tetapi WEBRip meng-rip langsung dari situs yang menyediakan video streaming. WEBRip biasa dipakai untuk film-film baru yang masih kualitasnya kurang bagus jika diunduh. Maka WEBRip diambil dari situs yang menyediakan film tersebut secara streaming dan meng-ripnya dari situs tersebut. Ukurannya pun cukup kecil, kadang adapula yang besar.

6. DVDScr (Digital Versatile Disc Screener)

DVDScr adalah kualitas film yang sangat di bawah DVDRip maupun WEBRip. Memang DVDScr diambil langsung dari kaset DVD seperti DVDRip, tapi lain halnya dalam pengerjaannya. DVDScr dilakukan tanpa menggunakan detail dari kaset yang memungkinkan hasilnya jauh di bawah DVDRip. Gambarnya pun biasanya agak-agak buram dan suaranya kurang jelas. Ukurannya berkisar < 900MB. Kalau ada yang kualitasnya hampir seperti DVDRip, berarti sang pengambil film tersebut profesional.

7. TS (Telesync)

TS adalah kualitas film berbasis membajak dari bioskop (hehehe....). Cara membajaknya dengan membawa tripod dan perekam suara. Tripod pun diam-diam dipasang dengan posisi yang pas agar gambar yang diambil dapat terekam dengan kualitas yang bagus. Perekam suara diambil dengan cara memasangnya diam-diam atau biasanya dipegam diam-diam dekat dengan pengeras suara bioskop tersebut. Bila sudah terambil, tinggal sambungin keduanya dan jadikan satu film. TS biasanya dipakai untuk film-film yang baru saja muncul. Kualitas belum terjamin bagus, biasanya lebih buram dari DVDScr. Tetapi demi film baru tanpa bayar tiket bioskop, apapun akan dilakukan.

8. CAM (Camera)

CAM adalah kualitas film terburuk tetapi ter-up-to-date. Untuk film-film baru, banyak film berbasis CAM yang dapat diunduh di situs yang menyediakan film tersebut. Kualitas gambar dan suaranya? Jangan ditanya deh, yang pasti sangat buruk. Maklum hanya kualitas ini yang banyak dipakai untuk film terbaru kesayangan anda. Cara pengambilannya sama seperti TS, tetapi CAM diambil tanpa tripod dan perekam suara alias cuma modal kamera perekam saja. Ukurannya sangat kecil apalagi untuk berbasis .mkv, yaitu sekitar < 500MB.

Sekian dulu ya, kalau ada kesalahan mohon maaf ane kurang pengalaman juga hehe.. SEMOGA MEMBANTU ANDA :)

16 komentar:

  1. makash banyak yoo :)

    BalasHapus
  2. ya sangat membantu infonya...

    BalasHapus
  3. thanks semua, jangan lupa liat2 ya :)

    BalasHapus
  4. Selain BRrip ada lagi BDrip
    ini ripping langsung dr BR disk'a
    ukurannya 10 sd 30GB

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip gan, thanks ya atas info tambahannya :) semoga dapat membantu agan2 semua :D

      Hapus
  5. thank for the info,,helping so much

    BalasHapus
  6. cuco deh booo....
    emmmuuuaaaacccchhh...makacih yaaa

    BalasHapus
  7. thanks semuanya yaa :)) jangan lupa kunjung ke post yg lain, semoga membantu agan2 semua :D

    BalasHapus
  8. Kalo blue ray itu bisa disetel di komputer biasa ga kaka?

    BalasHapus
  9. Kalo blue ray itu bisa disetel di komputer biasa ga kaka?

    BalasHapus
  10. Bluray dari Disc bisa asalkan CD-ROM ente atau mata optik pada cd-rom memang support untuk membaca disc blu-ray. Kalau bluray dari film berformat mkv, avi, mp4 yang memang dapat dari download bisa di setel dimanapun asal program penjalannya (VLC, MPC, Windows Media Player) bisa digunakan :)

    BalasHapus
  11. BANTU PROSES DANA INSTAN KTA TANPA JAMIMAN DAN KARTU KREDIT LIMIT 10-200 JUTA, SYARAT HANYA FC KTP, SLIP GAJI MIN 3/6 JUTA, ATAU KARTU KREDIT LIMIT MIN 7 JUTA USIA 1 TAHUN, NPWP DAN COVER TABUNGAN, BUNGA KTA MULAI 0.99%-1.8% PROSES MAKSIMAL 14 HARI KERJA, MELAYANI NASABAH SELURUH INDONESIA, AMAN, TERJAMIN, UNTUK INFO HUB chairul sarto utomo tlp/sms 085600125176 pin 57EF6EF6 , BERKAS FC KTP, SLIP GAJI, NPWP, COVER TABUNGAN, KARTU KREDIT BISA DIKIRIM VIA EMAIL rooly88@gmail,com atau inbok di fb Chairul Ichsan Buana,. alamat kantor BANK ANZ GEDUNG PANDANARAN SEMARANG

    BalasHapus
  12. Jujur aja saya lebih suka fullhdv atau bluray biar merasa mengesankan en ga nyesel juga udah download tapi kualitas jauh dari harapan. Mending yang kualitas tinggi sekalipun butuh kuota banyak. Makasih ya sekarang jadi paham

    BalasHapus
  13. mending web dl aja deh..suaranya masih kedengeran

    BalasHapus